www.itsb.ac.id

Sie sind hier:  HOME > BERITA > ITSB Kampus Hijau Pertama di Indonesia
 

ITSB Kampus Hijau Pertama di Indonesia

INSTITUT Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang berpredikat sebagai kampus hijau (green campus).
 

"Dalam kebijakan konservasi energi, ITSB telah berpartisipasi melalui pengembangan kampus berdasar konsep hijau atau green campus.Gedung kampus kami telah mendapat sertifikat Green Building,"kata Rektor ITSB,Ari Darmawan Pasek kepada pers di gedung Sinar Mas Land,Jakarta, Kamis (18/6).

Ari Darmawan yang juga Guru Besar Fakultas Teknik ITSB menyatakan gedung kampus ITSB memunyai konsumsi energi listrik 30 persen lebih rendah dibandingkan dengan gedung konvensional atau setara dengan 126 kWh/m2/tahun.

"Seandainya seluruh gedung pemerintah di DKI Jakarta saja bersertifikat green building seperti kampus ITSB,maka dapat dihemat energi listrik sebesar 300 MW di mana energi listrik ini dapat disalurkan kepada masyarakat yang belum mendapatkan energi listrik," ungkapnya.

Saat ditanya apakah benar ITSB menjadi kampus pelopor pertama green campus, Ari Darmawan memastikannya tanpa ragu.

"Ya benar,  kampus ITSB satu-satunya di Indonesia yang menjadi green campus.Bahkan delegasi ITB telah berkunjung kepada kami,"cetusnya.

Dijelaskan, ITSB mendapat sertifikasi green building pada tahun 2011 melalui lembaga  Green Building Council Indonesia (GBCI),
 

Kampus yang terletak di Cikarang,Bekasi,Jawa Barat, itu terdiri dari empat  lantai dengan luas bangunan 4000 meter persegi di atas area seluas 5 hektare.

Ia menambahkan kendati hemat listrik , green campus tidak  mengurangi kenyamanan mahasiswa dan dosen dalam beraktivitas.

Wakil Rektor ITSB,Alex Wibowo menambahkan ITSB adalah perguruan tinggi swasta di bidang teknologi dan sains yang telah memiliki kesadaran tinggi terhadap energi berkelanjutan dan program untuk pengembangan teknologi bidang energi berkelanjutan."ITSB memiliki visi dan misi sebagai universitas yang berorientasi industri ramah lingkungan," kata Alex.

 


Ke depannya,lanjut dia, ITSB berupaya menjalankan program inkubator bisnis dengan target melahirkan inovasi bidang energi dari sisi teknologi maupun inovasi ilmu bisnis yang mendorong pengembangan investasi energi berkelanjutan dan dapat terwujud secara komersial. Q-1)

Link Terkait:

http://www.mediaindonesia.com/misore/read/2209/ITSB-Kampus-Hijau-Pertama-di-Indonesia/2015/06/18

http://www.jawapos.com/baca/artikel/19078/Kualifikasi-Pendidikan-Pekerja-Indonesia-Rendah

http://m.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/15/06/18/nq5bhi-pembiayaan-mahal-jadi-momok-bagi-pengembangan-energi-terbarukan

 
 

 


 
 
     


Segala hal terkait pembayaran yang ditujukan ke ITSB dilakukan melalui nomor rekening 000 455 6364 Bank Sinarmas Cabang Karawang Pindodelli  


Kampus ITSB, Kota Deltamas

Jl. Ganesha Boulevard, Lot-A1 CBD Kota Deltamas Tol Jakarta - Cikampek Km 37, Cikarang Pusat, Bekasi
Telp.   : 08881301184 (Tata Usaha), 08892668668 (Galeri ITSB)
Hotline: 082219317596
Email : registrasi@itsb.ac.id

Sekretariat ITSB di Bandung
Ruang Perkantoran Gedung Sabuga Lt.1, Bagian Selatan Blok D1 No. 39 Jl. Tamansari 73, Bandung
Telp: 08893668668
email : admin_bdg@itsb.ac.id

Peta Lokasi ITSB

ITSB Ada di Google+ 

 

 

 

 

Powered by CMSimple_XH | Template: ge-webdesign.de | test (X)html | test css | Login

Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI