www.itsb.ac.id

Sie sind hier:  HOME > BERITA > Kuliah Lapangan Mahasiswa Arsitektur ITSB ke Puslitbang Perumahan dan Permukiman
 

Kuliah Lapangan Mahasiswa Arsitektur ITSB ke Puslitbang Perumahan dan Permukiman


 

Pada hari Senin, tanggal 27 Juni 2016, mahasiswa Program Studi Arsitektur ITSB, melakukan kuliah lapangan ke Puslitbang Perumahan dan Permukiman terkait bahan bangunan, yang beralamat di Jl. Panyawungan, Cileunyi Wetan, Kab. Bandung. Kuliah lapangan ini merupakan bagian dari agenda mata kuliah AR 1122 Pengenalan Bahan Bangunan. Dalam mata kuliah tersebut mahasiswa diberikan pengetahuan mengenai karakteristik bahan-bahan yang umumnya dipakai sebagai komponen bangunan, baik itu sebagai komponen struktural maupun komponen arsitektural. Dalam hal ini, mahasiswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai; unsur pembentuk bahan bangunan, proses pembuatan, hingga bahan bangunan tersebut menjadi komponen yang dapat dikonstruksi.

Puslitbang Perumahan dan Permukiman Balai Bahan Bangunan merupakan lembaga yang representatif di mana bergerak pada kajian yang lebih mendalam mengenai bahan bangunan khususnya pada kajian inovasinya, sehingga kuliah lapangan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tambahan yang signifikan bagi mahasiswa terkait berbagai jenis bahan bangunan yang belum umum dipakai sebagai komponen bangunan. Pada kuliah lapangan ini, terdapat dua kegiatan utama, yaitu : 1. Kuliah Pengantar yang disampaikan oleh pihak Balai Bahan Bangunan, 2. Mengunjungi Laboratorium Balai Bahan Bangunan (site visit).

Kegiatan 1 (Kuliah Pengantar) :Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala Balai Bahan Bangunan, Ir. Agus Sarwono, MM. Setelah itu pemaparan singkat maksud dan tujuan Kuliah Lapangan ITSB oleh dosen pendamping, pemaparan umum mengenai Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman oleh Drs. Agus Heriyanto, MAP, Materi kuliah pengantar mengenai “Pengembangan Bahan Bangunan Lokal untuk Menunjang Pembangunan Perumahan”, disampaikan oleh Dany Cahyadi, ST., Peneliti Muda Balai Bahan Bangunan, Diskus Pemberian brosur, literatur dan kumpulan makalah ilmiah terkait bahan bangunan. Dilanjutkan dengan penyerahan suvenir dari ITSB.

 

Pemberian kuliah pengantar oleh pihak Balai Bahan Bangunan dan
penyerahan suvenir dari Program Studi Arsitektur ITSB



 

Kegiatan 2 (Site Visit) :

 

Site visit menuju Laboratorium Bahan Bangunan yang didampingi Ir. Agus Sarwono, MM., Drs Agus Heriyanto, MAP., Dany Cahyadi ST., dan empat orang staff lainnya. Kegiatan meliputi penjelasan rinci mengenai berbagai produk litbang yang terdapat di laboratorium oleh Dany Cahyadi ST., mulai dari bahan mentah hingga bahan jadi (produk). Setelah itu dilanjutkan dengan pengamatan pada pengembangan prototipe rumah seperti Rumah Bambu Laminasi, Rumah Instan Kayu (RIKa), dan Rumah Instan Sehat Sederhana (RISHA).


 

Kunjungan ke laboratorium Balai Bahan Bangunan dan prototipe rumah bambu laminasi, RIKa dan RISHA



 

#Berita kuliah lapangan mahasiswa Arsitektur ITSB pada web Puskim :

 

http://puskim.pu.go.id/kuliah-lapangan-mahasiswa-itsb-terkait-bahan-bangunan/

 


 
 
     


Segala hal terkait pembayaran yang ditujukan ke ITSB dilakukan melalui nomor rekening 000 455 6364 Bank Sinarmas Cabang Karawang Pindodelli  


Kampus ITSB, Kota Deltamas

Jl. Ganesha Boulevard, Lot-A1 CBD Kota Deltamas Tol Jakarta - Cikampek Km 37, Cikarang Pusat, Bekasi
Telp.   : 08881301184 (Tata Usaha), 08892668668 (Galeri ITSB)
Hotline: 082219317596
Email : registrasi@itsb.ac.id

Sekretariat ITSB di Bandung
Ruang Perkantoran Gedung Sabuga Lt.1, Bagian Selatan Blok D1 No. 39 Jl. Tamansari 73, Bandung
Telp: 08893668668
email : admin_bdg@itsb.ac.id

Peta Lokasi ITSB

ITSB Ada di Google+ 

 

 

 

 

Powered by CMSimple_XH | Template: ge-webdesign.de | test (X)html | test css | Login

Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI