www.itsb.ac.id

Sie sind hier:  HOME > BERITA > Oil Expo 2016: Plan of Development Competition
 

Oil Expo 2016: Plan of Development Competition

Mahasiswa teknik perminyakan ITSB kembali mengharumkan nama ITSB dengan meraih juara pertama pada ajang lomba Plan of Development (POD) pada event tahunan Oil Expo 2016. Hal ini merupakan kebanggaan yang luar biasa dan menjadi langkah positif bagi mahasiswa ITSB khususnya Program Studi Teknik Perminyakan ITSB. Ini bukan kali pertama mahasiswa dari Teknik Perminyakan ITSB menjuarai kompetisi POD dan Smart Competition, sebelumnya sejak tahun 2012 perwakilan dari program studi ini pernah mengikuti dan beberapakali menjuarai kompetisi serupa, namun pencapaian tertinggi sebelumnya hanya menjadi runner-up. Pada tahun ini Tim POD ITSB memberikan warna dan semangat baru bagi mahasiwa bahwa ITSB yang merupakan institusi pendidikan yang relatif baru berdiri namun mampu bersaing dengan institusi perguruan tinggi ternama di Indonesia dan juga perwakilan dari negara-negara di Asia Tenggara.


Oil Expo 2016 merupakan kompetisi tahunan berskala internasional yang rutin diselenggarakan oleh Badan Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Perminyakan (BPHMJTP) Trisakti dengan kerjasama dan dukungan oleh Ikatan Ahli Teknik perminyakan Indonesia Seksi Mahasiswa Trisakti (IATMI SM-Trisakti) dan Society Petroleum Engineers Trisakti Student Chapter (SPE Trisakti SC). Pada tahun ini Oil Expo 2016 mengambil tema “Unlocking Our Deepest Potential to Encounter Global Energy Challenges” yang berlangsung pada tanggal 1-3 juni 2016 di kampus Universitas Trisakti.


Serangkaian acara telah dilaksanakan diantaranya meliputi pameran, diskusi panel dan seminar nasional, job fair, dan juga kompetisi yang sangat bergengsi di kalangan mahasiswa yang berhubungan dengan industri migas guna mengembangkan karakter mahasiswa dan juga menambah pengalaman intelektual bagi mahasiswa yang berkaitan dengan industri migas seperti teknik perminyakan, geologi, geofisika, teknik kimia, dan kelautan. Adapun jenis lomba yang diselenggarakan yaitu paper contest, plan of development (POD), smart competition, oil rig design, poster dan photography. Peserta yang turut serta dalam kegiatan ini diantaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad), Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (Undip), STT Migas Balikpapan, Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta (UPN), Univeristas Sriwijaya (Unsri), Universitas Trisakti (USAKTI) dan juga Universiti Teknologi Petronas Malaysia (UTP).


Pada kesempatan ini, ITSB hanya mengirimkan 2 tim utama untuk mengikuti serangkaian acara Oil Expo 2016 ini, yaitu 1 tim smart competition yang beranggotakan Merandy, Husna, dan Cindy, sedangkan untuk kompetisi POD beranggotakan Finkie William Alesandro, Frankly Hardytan Putra, Firmanus Fanolonia Duha, Gandewa Gayuh Purnama, dan Hardiansyah yang kelima mahasiswa tersebut  merupakan mahasiswa tingkat ketiga teknik perminyakan (TM-2013) di ITSB.

 

 

Plan of Development (POD) Competition sendiri merupakan kompetisi perencanaan kegiatan lapangan migas terintegrasi dari berbagai disiplin ilmu, antara lain: Geologi, Geofisika, Reservoir, Pemboran, Produksi, Ekonomi, serta analisis amdal (HSE). Selama proses persiapan lomba POD, Tim POD ITSB telah mengerjakan salah satu kasus lapangan migas yang akan dievaluasi dan dikembangkan nantinya. Waktu yang diperlukan oleh tim POD ITSB sekitar 1 bulan untuk mendesain sistem dan melakukan perencanaan pengembangan kedepan (forecast) berdasarkan data kasus lapangan yang diberikan. Adapaun perancangan dan pendesainan yang telah dilakukan diantaranya mendeskripsikan kelakuan dari batuan dan fluida reservoir, mengevaluasi cadangan hidrokarbon yang terdapat dalam reservoir, menentukan titik sumur bor dan desain sumur produksi, perencanaan dan desain fasilitas permukaan produksi, permalan produksi, analisa amdal, dan diakhir dengan evaluasi keekonomian.


 
 
     


Segala hal terkait pembayaran yang ditujukan ke ITSB dilakukan melalui nomor rekening 000 455 6364 Bank Sinarmas Cabang Karawang Pindodelli  


Kampus ITSB, Kota Deltamas

Jl. Ganesha Boulevard, Lot-A1 CBD Kota Deltamas Tol Jakarta - Cikampek Km 37, Cikarang Pusat, Bekasi
Telp.   : 08881301184 (Tata Usaha), 08892668668 (Galeri ITSB)
Hotline: 082219317596
Email : registrasi@itsb.ac.id

Sekretariat ITSB di Bandung
Ruang Perkantoran Gedung Sabuga Lt.1, Bagian Selatan Blok D1 No. 39 Jl. Tamansari 73, Bandung
Telp: 08893668668
email : admin_bdg@itsb.ac.id

Peta Lokasi ITSB

ITSB Ada di Google+ 

 

 

 

 

Powered by CMSimple_XH | Template: ge-webdesign.de | test (X)html | test css | Login

Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI