PERAN SERTA DPI ITSB DALAM KOMITMEN BERSAMA 12 PENYELENGGARA PENDIDIKAN TINGGI DESAIN PRODUK DI INDONESIA

 

ITSB bersama dengan 12 Institusi penyelenggara pendidikan tinggi Desain Produk di Indonesia telah menandatangani naskah komitmen bersama untuk turut serta mengembangkan keilmuan dan profesi Desainer Produk di Indonesia. Penandatanganan ini dilakukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Afiliasi Perguruan Tinggi, Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) pada tanggal 19 Desember 2017 di kampus UKDW Jogjakarta. Ke-12 institusi yang menandatangani komitmen bersama adalah ITB, ITS, ITSB, Universitas Telkom, Universitas Trisakti, ISI Jogja, UPJ, Politeknik Negeri Samarinda, ITENAS Bandung, ITATS, Universitas Trilogi, dan UKDW sebagai tuan rumah Rakernas dan penandatanganan naskah komitmen bersama.

Penandatanganan ini merupakan agenda lanjutan dari agenda besar ADPII di akhir tahun 2017 yang dilakukan secara berturut-turut, yaitu Konvensi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Desain Produk Industri pada tanggal 24 November 2017 yang diselenggarakan di Kampus ITSB, Kota Deltamas; dimana setelahnya, yaitu pada tanggal 25 November 2017, ADPII juga melaksanakan Kongres II di tempat yang sama.

 

Pelaksanaan Konvensi (CPL) yang dilakukan oleh Afiliasi Perguruan Tinggi ADPII mengerucut pada pembahasan untuk sama-sama merancang dan melaksanakan program-program Afiliasi demi pengembangan keilmuan Desain Produk Industri di Indonesia. Program yang dirancang memfokuskan pada kegiatan tridharma Perguruan Tinggi. Dengan adanya program ini, maka diharapkan keilmuan Desain Produk Industri dapat lebih berkembang dan lebih berkontribusi kepada masyarakat. Program yang dirancang di antaranya adalah penerbitan buku desain produk, jurnal ilmiah bidang desain produk, annual book dan award bagi tugas akhir mahasiswa Desain Produk terbaik tingkat nasional.


Penandatanganan komitmen bersama pengembangan keilmuan desain produk di Indonesia

 

 

Berita terkait:

http://jogja.tribunnews.com/2017/12/21/ukdw-tuan-rumah-rakernas-afiliasi-despro

http://www.ukdw.ac.id/id/post/view/562-rakernas-afiliasi-perguruan-tinggi-prodi-desain-produk-indonesia

https://youtube.be/9XO-4kjQMYU

http://prodesina.com/2017/11/27/kongres-adpii-ke-2-berlangsung-sukses/