Serah Terima Hibah Lisensi Software tNavigator untuk Pendidikan dan Riset

 

Pada hari Rabu tanggal 20 April 2016, Institut Teknologi dan Sains Bandung secara resmi menerima bantuan Lisensi Software tNavigator dari PT. Elnusa dan Rock Flow Dynamic senilai $ 1,345,500. Acara ini dipimpin oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Pudji Permadi, MSc. selaku wakil rektor bidang akademik dan kemahasiswaan ITSB yang dihadiri pula oleh Bapak Faiz Sulaiman selaku Manager of Asia Pacific RFD (Rock Flow Dynamic), Bapak Rahmat Wibowo dan Bapak Mulyawan selaku perwakilan dari PT. Elnusa, serta jajaran civitas akademik dan mahasiswa Teknik Perminyakan ITSB.
 


Serah terima bantuan akademik dilakukan oleh Bapak Faiz Sulaiman kepada Bapak Prof. Dr. Ir. Pudji Permadi, MSc dalam bentuk Lisensi Software sebanyak 25 lisensi, yang dapat dipergunakan di laboratorium Komputer Program Studi Teknik Perminyakan – Fakultas Teknik dan Desain untuk kepentingan kegiatan Pendidikan dan Penelitian Mahasiswa dan Dosen, dan tidak diperuntukkan untuk kegiatan komersial.
 


tNavigator merupakan software simulasi reservoir yang dikembangkan oleh Rock Flow Dynamic (RFD). Software ini memiliki keunggulan dari aspek kecepatan simulasinya. tNavigator mampu melakukan simulasi jauh lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan simulator lainnya. tNavigator juga mampu membaca output data dari Eclipse, IMEX/STARS dan Tempest MORE sehingga tidak memerlukan konversi data secara manual.
 


Kerjasama antara Industri dan Lembaga Pendidikan ini sangat membantu untuk mengembangkan pendidikan dan penelitian dalam rangka mempersiapkan para tenaga ahli untuk memenuhi tantangan kebutuhan energi dunia khususnya kebutuhan akan minyak bumi dan gas alam (Migas).