www.itsb.ac.id

Sie sind hier:  HOME > MAHASISWA & ALUMNI > KEMAHASISWAAN > MAHASISWA DPI ITSB BERPARTISIPASI DI IFEX 2017 SEBAGAI PESERTA PAMERAN

MAHASISWA DPI ITSB BERPARTISIPASI DI IFEX 2017 SEBAGAI PESERTA PAMERAN

Fito Arfanda, mahasiswa Desain Produk Industri, Institut Teknologi dan Sains Bandung berhasil lolos kurasi dan berhak mengikuti pameran tahunan berskala internasional, Indonesia International Furniture Expo (IFEX) pada 11 – 14 Maret 2017 yang diselenggarakan di Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta. Keikutsertaan ini merupakan kali ketiga partisipasi mahasiswa DPI ITSB di ajang IFEX. Karya yang dipamerkan bernama Conestant, yaitu produk stationery berbahan bambu laminasi yang dilengkapi dengan mekanik putar. Bentuk desain terinspirasi dari bentuk traffic cone.
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MAHASISWA DPI ITSB BERHASIL MERAIH JUARA DUA LOMBA DESAIN SEPATU BPIPI 2016

Tubagus Rohmatullah, mahasiswa Desain Produk Industri ITSB peserta beasiswa Ekatjipta Foundation (ETF), berhasil meraih Juara 2 Lomba Desain Sepatu Tingkat Nasional kategori gambar konsep dengan tema “Sepatu Karya Indonesia untuk Dunia” yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) di bawah Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang diumumkan pada 1 Agustus 2016.

 

Konsep sepatu wanita karya Tubagus Rohmatullah yang berhasil meraih Juara 2 lomba desain sepatu tingkat nasional BPIPI di bawah Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

 

Capaian kali ini merupakan kali kedua di mana Desain Produk Industri ITSB melalui salah satu mahasiswanya memperoleh juara di ajang lomba yang sama. Tahun 2014, Muhammad Irfan Rahman berhasil meraih juara harapan 1 pada kategori sepatu anak dengan tema “Birds of Indonesia”.

MAGIC IRONING BERHASIL MENYABET PERUNGGU PADA 31ST CASTIC, SHANGHAI CHINA

Tubagus Rohmatullah, mahasiswa jurusan Desain Produk Industri, Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) berhasil meraih perunggu pada The 31st China Adolescent Science and Technology Innovation Contest (CASTIC) yang diselenggarakan selama enam hari, yaitu sejak 13 s.d. 19 Agustus 2016 di East China Normal University, Shanghai, China. Kontes ini diikuti oleh pelajar dengan usia maksimal 20 tahun dari sekolah dan perguruan tinggi di dunia. Tercatat ada 14 negara yang mengikuti kontes ini, yaitu India, Swedia, Brasil, Jepang, Jerman, Perancis, China (selaku tuan rumah), Indonesia, Luxembourg, Turki, Rusia, Meksiko, Thailand, dan Denmark dengan total jumlah peserta sebanyak 59 pelajar.
Projek yang dilombakan oleh mahasiswa peserta beasiswa Ekatjipta Foundation ini berjudul Magic Ironing. Magic Ironing merupakan setrika yang dilengkapi dengan penampung cairan pewangi yang terintegrasi langsung dengan handle setrika. Inovasi ini bukan sesuatu yang istimewa, karena produk dengan konsep teknis yang serupa sudah cukup banyak di pasaran. Yang membuat projek ini menarik adalah terletak pada konsep pemasarannya. Magic ironing dikonsepkan untuk dijual satu paket dengan cairan pewangi dengan refill cairan berupa tabung yang hanya fit untuk Magic Ironing saja.  Magic Ironing mendorong masyarakat untuk mengenal konsep baru dalam marketing sebuah cairan pewangi, membentuk persepsi bahwa setrika merupakan satu set peralatan dengan tabung pewangi. Dalam desain produk industri, aspek pemasaran merupakan salah satu aspek penting dalam mempertimbangkan sebuah desain. Dengan konsep ini, maka Magic Ironing tidak masuk ke dalam kategori engineering, tetapi masuk ke dalam kategori behavior and social science.  Untuk kategori ini, Magic Ironing berhasil memperoleh medali perunggu.

 

Tubagus (paling kanan) beserta pemenang di stage setelah penerimaan medali

 

Tubagus saat menjelaskan projeknya pada pengunjung
DPI ITSB

 

Sertifikat yang diperoleh

 

Karya Mahasiswa DPI ITSB Ikut Dipamerkan di IFFINA 2016


IFFINA (International Furniture and Craft Fair Indonesia) - Mozaik Indonesia 2016 yang merupakan kegiatan pameran furnitur dan mebel ekspor terbesar di Indonesia, kali ini turut memamerkan karya para finalis ajang lomba bergengsi Indonesia Designer Challenge (IDC) 2016. Indonesia Designer Challenge merupakan kegiatan lomba hasil kerjasama Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI), Forest Stewardship Council® (FRC®) Indonesia, dan Perum Perhutani yang didukung oleh BEKRAF. Pameran ini diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.


Adalah Fakhri Huseini, mahasiswa jurusan Desainer Produk Industri (DPI) ITSB tingkat akhir, pada IDC 2016 ini berhasil masuk sebagai finalis dan berhak ikut memeriahkan IFFINA 2016 sebagai peserta pameran. Keberhasilan ini menambah prestasinya selama ini. Sebelumnya pada Januari 2016, dua karya artikel ilmiahnya ikut dipresentasikan di Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri (SENIATI) Malang, dan juga terlibat di International Furniture Expo (IFEX) pada bulan Maret 2016 lalu sebagai volunteer. Selain itu, Fakhri Huseini adalah Ketua PRODESSIO (Product Design Student Association) ITSB periode 2014-2015.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fakhri Huseini di stand IDC, IFFINA 2016

 

IFEX 2016


Sedangkan pada perhelatan IFEX (Indonesia International Furniture Expo) 2016 kali ini, mahasiswa ITSB kembali ikut terlibat, namun bukan sebagai peserta pameran, tetapi sebagai volunteer. Tiga mahasiswa DPI ITSB, yaitu Bilghis Tiara Novitasari, Fajar Rahmadani dan Fakhri Huseini ikut serta sebagai volunteer yang bertugas menjelaskan deskripsi, harga, produksi, distribusi barang dan penjelasan lainnya kepada calon pembeli. Selain itu, mereka juga bertugas untuk menyiapkan seminar internasional IFEX serta mensosialisasikan Indonesia Designer kepada pengunjung.

 

 

 

Dua Mahasiswa DPI ITSB Tembus Final Bravacasa Design Challenge 2015

Kawoong Stool karya Bilghis Tiara Novitasari (finalis bravacasa 2015 kategori furniture).

 

Dua mahasiswa Desain Produk Industri ITSB berhasil menembus final Bravacasa Design Challenge 2015 pada dua kategori berbeda, yaitu kategori Kitchen Ware dan kategori Furniture. Bravacasa Design Challenge 2015 merupakan kompetisi yang terbuka umum bagi Desainer Produk dan merupakan rangkaian acara “Pameran Produk Living dan Interior Terkini” Bravacasa. Kategori yang dipertandingkan adalah Furniture, Kitchen Ware, dan Lighting. Karya terbaik dari masing-masing kategori akan dipamerkan di pameran premium living terbesar di Indonesia bertajuk Casa by Bravacasa, serta akan mendapatkan kesempatan beasiswa ke Itali. Pameran Casa by Bravacasa juga membuka kesempatan kepada selain finalis Bravacasa Design Challenge 2015 untuk ikut berpartisipasi sebagai peserta pameran melalui proses kurasi Bravacasa, dimana satu mahasiswa DPI ITSB berhasil lolos kurasi dan akan mengikuti pameran tersebut bersama para finalis Bravacasa Design Challenge 2015 pada tanggal 9 – 12 Juli 2015. Final Bravacasa Design Challenge 2015 dilakukan tanggal 8 Juli 2015.

 

Steamer karya Iklima Amalia (finalis bravacasa 2015 kategori kitchen ware).

 

Stool bambu karya Wakhid Dhinu Arifin ikut dipamerkan di Casa by Bravacasa 2015.

 

 

 

 

Prestasi Mahasiswa DPI ITSB di Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation & Technology Exposition (IPITEX) 2016

Tubagus Rahmatullah, mahasiswa program studi Desain Produk Industri ITSB (Institut Teknologi dan Sains Bandung)  penerima beasiswa Eka Tjipta Foundation, berhasil meraih beberapa penghargaan tingkat internasional di Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation & Technology Exposition (IPITEX) 2016. Kegiatan ini diselenggarakan oleh The National Research Council of Thailand (NRCT) pada 2 – 6 Februari 2016  di Bangkok International Trade & Exhibition Centre (BITEC), Thailand, dalam rangka memperingati Thailand Inventors’ Day 2016.
 

IPITEX 2016 merupakan kontes yang terbuka tidak hanya untuk kalangan pelajar dan mahasiswa, namun juga untuk kalangan professional dan industri. IPITEX diikuti oleh 17 negara, dengan total 220 karya inovasi dan beberapa temuan/invensi baik secara perorangan maupun tim. Tubagus mengikuti kontes ini dalam tim bersama tiga mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, di mana Tubagus berperan sebagai ketua tim. Keikutsertaan Tubagus dan tim diakomodasi oleh Indonesian Invention & Innovation Promotion Association (INNOPA) selaku akomodator dan promotor yang berafiliasi langsung ke World Invention Intellectual Property Association (WIIPA).


ITSB didirikan oleh ITB (Institut Teknologi Bandung) bersama Sinar Mas sejak 2010. Kampus ITSB difasilitasi oleh Sinar Mas di Kota Deltamas. Karya inovasi yang dibuat oleh mahasiswa ITSB program studi Desain Produk Industri yang bernama Tubagus beserta tim adalah sebuah botol minuman portable yang bisa memanaskan dan mendinginkan air minuman dengan kontrol tombol. Daya yang dibutuhkan dihasilkan dari batere 18 V.


Terdapat tiga sistem penjurian dalam kontes ini:


Pertama, penjurian oleh National Research Council of Thailand (NRCT) dengan menggunakan sistem poin. Batas poin untuk gold award adalah 85, silver award adalah 80, dan bronze award adalah 70. Dalam sistem penjurian ini, Tubagus dan tim memperoleh bronze award dari NRCT.


Kedua, penjurian oleh masing-masing perwakilan Negara untuk menetapkan karya paling menarik kepada peserta Negara lain. Dengan penjurian seperti ini, maka setiap peserta memiliki kesempatan untuk memperoleh lebih dari satu penghargaan namun bisa juga tidak mendapatkan penghargaan apapun. Di sistem penjurian ini, Tubagus dan tim berhasil mendapatkan Best International Invention award dari The Manila Young Inventors Association (MYIA).


Ketiga, penjurian untuk mencari karya terbaik (Special Award). Pemenang Special Award berdasar pada kebaruan produk (produk masa depan) dan memiliki fungsi yang optimal serta dapat diterapkan, digunakan dan dipasarkan ke publik. Penjurian ini hanya dilakukan oleh tujuh Negara, yaitu Inggris, Amerika, Polandia, Taiwan, Korea, Rusia dan Indonesia dan setiap Negara tersebut hanya memilih satu karya terbaik dari semua peserta selain peserta dari negaranya sendiri. Di sistem penjurian ini, Tubagus dan tim memperoleh Special Award dari Eurobusiness – Haller and Haller Pro Inventio Foundation, Polandia.

 

 

Prototipe awal dan penghargaan. Berurutan dari kiri: sertifikat Philippine Award for Best International Invention; medali Special Award Eurobusiness – Haller and Haller Pro Inventio Foundation, Polandia; sertifikat Bronze Award dari National Research Council of Thailand; protipe awal karya; sertifikat Special Award Eurobusiness – Haller and Haller Pro Inventio Foundation, Polandia.

 

Tubagus sedang menjelaskan karyanya pada pengunjung

 

Tubagus dan tim juri dari The Manila Young Inventors Association (MYIA)

 

Penganugerahan Special Award dari Eurobusiness – Haller and Haller Pro Inventio Foundation, Polandia.

Workshop Pemodelan Tiga Dimensi Menggunakan 3D Printer

Prodi Desain Produk Industri (DPI) ITSB pada tanggal 18 Desember 2015 mengadakan workshop pemodelan tiga dimensi menggunakan 3D printer. Workshop diisi oleh Slamet Riyadi, S.Ds., M.Ds., staf dosen Desain Produk Institut Teknologi Bandung (ITB). Peserta workshop meliputi semua mahasiswa DPI ITSB dan undangan/perwakilan dosen semua prodi. Peserta, terutama mahasiswa, terlihat antusias mengikuti kegiatan ini.

 

 

 

 

 

 

Proses scan objek bor listrik menggunakan 3D scanner dan hasil print objek bor listrik dengan skala yang diperkecil

 

Nara sumber sedang menjelaskan proses print kepada peserta mahasiswa

ITSB Menjadi Tuan Rumah Forum Nasional HADEPAN 2016

 

ITSB pada awal 2016 ini terpilih menjadi tuan rumah Forum Nasional Hadepan (Himpunan Mahasiswa Desain Produk Anak Negeri) selaku penyelenggara rangkaian acara “MegaphoneRelay Exhibition yang diadakan oleh enam perguruan tinggi yang tergabung dalam HADEPAN-Jabodetabek, yaitu Universitas Paramadhina, Universitas Trisakti, ITSB, Universitas Esa Unggul, UPH (Universitas Pelita Harapan), dan Universitas BINUS. “MegaphoneRelay Exhibition sebelumnya diselenggarakan di Universitas Paramadhina dan kemudian di Universitas Trisakti sebelum kemudian diselenggarakan di ITSB.


Acara yang diakomodasi oleh Himpunan Mahasiswa Desain Produk Industri ITSB (PRODESSIO) ini berlangsung selama dua hari, yaitu mulai hari Sabtu, 9 Januari 2016 s.d. Minggu, 10 Januari 2016. Acara diisi dengan talkshow, workshop dan pameran karya dari universitas-universitas yang diundang. Acara ini juga menghadirkan pihak industri (PT. ACHILLES); Sekjen ADPII dan akademisi, Dr. Andri Masry, M.Ds., dan entrepreneur muda bidang craft (Conture Indonesia dan Amygdala) sebagai pembicara pada sesi talkshow. Rangkaian acara dan undangan pembicara dari kalangan yang berbeda disusun untuk mengangkat tema acara yang diberi tajuk Industrial Diversity.

 

Bendera peserta dari Universitas undangan

 

Talkshow Industrial Diversity

 

Workshop dengan tema eksplorasi bahan kulit

 

Pameran karya mahasiswa dari universitas-universitas undangan

Mahasiswa DPI ITSB Menjadi Pengisi Acara Griya Kreasi di DAAI TV


Dua mahasiswa Desain Produk Industri (DPI) tingkat akhir, Wakhid Dhinu Arifin dan Bilghis Tiara Novitasari, tengah dalam proses shooting untuk salah satu acara TV pada stasiun TV DAAI TV, yaitu acara Griya Kreasi, untuk lima episode yang akan ditayangkan pada Januari 2016. Shooting dilakukan di lokasi stasiun DAAI TV, tepatnya di daerah Pantai Indah Kapuk. Proses Shooting dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu. Konsep acara Griya Kreasi adalah memberikan inspirasi dalam mengolah barang bekas menjadi produk bernilai untuk pemirsa di rumah dengan segmen murah meriah dalam kategori produk furniture.

Pihak DAAI TV tertarik untuk melakukan kerjasama dengan mahasiswa DPI ITSB setelah mereka melihat beberapa karya salah satu mahasiswa DPI ITSB yang diunggah ke akun instagram. Tawaran kerjasama shooting ini ditindaklanjuti oleh Wakhid Dhinu Arifin dan dia mengajak salah satu temannya, Bilghis Tiara Novitasari, untuk ikut serta sebagai pengisi acara.

 

Proses shooting acara Griya Kreasi

 

Hasil karya Wakhid dan Bilghis untuk salah satu episode Griya Kreasi

 

 

 

Mahasiswa ITSB menerima Invention Award dari Taiwan Changhua International Youth Invention Exhibition Invention Contest

 

Tubagus Rahmatullah, mahasiswa jurusan Desain Produk Industri ITSB; dan Rizky Syaputra, mahasiswa jurusan Eksplorasi Tambang ITSB, berhasil meraih Silver Award untuk desain produk yang mereka kembangkan, yaitu penghapus marker white board yang terintegrasi langsung dengan markernya. Penghargaan berupa sertifikat dan medali diberikan pada 30 September 2015.

Prototipe yang dilombakan

 

Sertifikat dan medali penghargaan

 

PENGEMBANGAN DESAIN SEPEDA SOLAR CELL OLEH MAHASISWA DESAIN PRODUK INDUSTRI ITSB

Giasa Lutfiah, mahasiswa Desain Produk Industri ITSB, melakukan pengembangan sepeda solar cell melalui pendekatan desain produk industri untuk karya Tugas Akhirnya. Pengembangan sepeda solar cell memang bukan pertama kali ini dilakukan, namun muatan aspek desain produk industri yang cukup intens dalam penerapan solar cell pada sebuah sepeda merupakan hal yang masih jarang dilakukan.

Di bawah arahan dosen pembimbing yang juga sebagai Ketua Program Studi Desain Produk Industri ITSB, Ir. Oemar Handojo, M.Sn., Giasa mengolah aspek fungsi, durability, dan style pada sebuah sepeda bersumber enegi surya. Sepeda dirancang sedemikian rupa sehingga cocok digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari.

Berangkat dari konsep ramah lingkungan dengan pendekatan desain produk industri, sepeda ini dirancang tidak hanya sekedar menerapkan solar cell pada sepeda, namun juga mempertimbangkan aspek ergonomic, material, appearance, dan kelayakan produksi dari kacamata industri di mana aspek-aspek tersebut merupakan hal yang penting untuk mencapai sebuah produk yang fungsional, bagus penampilannya dan bernilai ekonomi.


Final rendering desain sepeda solar cell

Di luar beberapa catatan perbaikan desain, prototipe sepeda ini dieksekusi dengan cukup apik dan fungsional. Sepeda ini mampu mencapai kecepatan 20km/jam dan dapat menarik beban dua orang (percobaan dengan membonceng anak kecil). Tempat baterei didesain cukup baik sehingga tidak mengganggu tampilan dan berfungsi sebagai pijakan kaki.

Sepeda ini tidak menggunakan pedal dan rantai. Energi dari baterei langsung dihubungkan ke motor yang berada di as roda belakang sepeda. Sepeda didesain sedemikian rupa sehingga bilapun baterei habis, sepeda dapat tetap digunakan sebagai otopet, sebuah hal baru dalam pengembangan sepeda listrik.


Prototipe sepeda

Giasa menekankan bahwa pengembangan lanjutan desain sepeda ini selain mengarah ke eksplorasi bentuk/desain juga mengarah ke penerapan teknologi solar cell yang lebih advance sehingga desain sepeda tidak dibatasi oleh bentuk panel solar cell, namun justru panel solar cell yang harus menyesuaikan pada kebutuhan desain sepeda. (press release)

 

Video Link:



Link berita terkait:

 

Video Preview:
 

 

 

 

PENGENALAN PROSES DESAIN OTOMOTIF DI ITSB

 

Perkuliahan mahasiswa jurusan Desain Produk Industri Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) beberapa tugasnya diarahkan untuk melakukan eksplorasi bentuk dan latihan memodel desain otomotif. Tingkat kesulitan tugas disesuaikan dengan pencapaian perkuliahan mahasiswa dan diberikan untuk memberikan gambaran umum proses perancangan kendaraan di Industri otomotif.

Matakuliah Gambar II (gambar dasar) menekankan pada latihan membuat bentuk, proporsi, mengarsir ilusi volume & material serta pencahayaan dan bayangan. Tugas pra UAS matakuliah ini adalah membuat gambar mobil melalui pendekatan gridline. Mahasiswa meniru foto mobil ukuran kecil lalu menggambarnya ke atas kertas berukuran A2 dan merendernya menggunakan pinsil warna. Matakuliah ini diberikan di semester II. Pengenalan alat gambar soft pastel dan marker maupun sketsa digital diberikan di matakuliah Teknik Presentasi I di semester IV.

 

Karya tugas Matakuliah Gambar II

 


 

Karya tugas Matakuliah Teknik Presentasi I

 

Matakuliah Gambar Teknik 1 (manual) menekankan pada pengenalan standar gambar kerja yang benar. Tugas pra UAS matakuliah ini adalah membuat gambar tampak dan gambar detail sepeda motor dengan skala 1:3 secara manual menggunakan rapido. Matakuliah ini diberikan di semester III. Matakuliah ini diselaraskan dengan matakuliah Pemodelan Digital I yang menekankan pada pembuatan gambar kerja menggunakan software di semester yang sama.


 

Karya tugas Matakuliah Gambar Teknik I

 

Matakuliah Pemodelan Digital II menekankan pada pemodelan desain produk (3D) secara digital menggunakan software. Tugas pra UAS matakuliah ini adalah memodel desain mobil dengan mengacu pada gambar kerja menggunakan metode surface. Matakuliah ini diberikan di semester IV.


 

Karya tugas Matakuliah Pemodelan Digital II

 

Matakuliah Teknik Presentasi II menekankan pada penguasaan memodel/membuat mock up terskala. Mahasiswa diajari keterampilan mengolah berbagai material untuk memodel dan menggunakan alat bantunya sebagai salah satu metode studi desain. Tugas pra UAS matakuliah ini adalah membuat model dan memodifikasi desain mobil yang sudah ada dan membangun mockupnya dalam skala 1:5. Matakuliah ini diberikan di semester V.


 

Karya tugas Matakuliah Teknik Presentasi II

 

Press release

KEIKUTSERTAAN MAHASISWA DPI ITSB DI PAMERAN KARYA FURNITURE, IFEX 2015

Desain Produk Industri Institut Teknologi dan Sains Bandung kembali meloloskan mahasiswanya di Indonesia International Furniture Expo (IFEX) yang kali ini digelar di JIExpo Jakarta pada 12 – 15 Maret 2015. Kategori mahasiswa atau sering disebut sebagai calon desainer produk hanya diberi 25 tempat yang harus diperebutkan oleh semua peminat dari setiap perguruan tinggi yang membuka program desain melalui proses kurasi yang ketat sesuai standar IFEX. ITSB berhasil meloloskan dua peserta dan berhak atas dua slot di pameran IFEX 2015.

Mahasiswa yang lolos tersebut pertama adalah Bilghis Tiara Novitasari dengan nama karya “Bitok”. Bitok adalah karya tugas DPI (Merencana) III di bawah bimbingan Iyus Susila, M.Ds. Konsep dasar karya tersebut adalah alternatif mainan tradisional berbasis produksi industri kecil. Untuk level IFEX, karya ini memberi pengalaman baru bagi pengunjung mancanegara mengenai furniture dengan kategori mainan bermuatan nilai lokal di dalamnya. Desain terbuat dari bambu, kayu, dan stainless steel.

MAHASISWA DPI ITSB MERAIH JUARA HARAPAN 1 LOMBA DESAIN SEPATU TINGKAT NASIONAL BPIPI 2014

Desain sepatu anak karya Muhammad Irfan Rahman yang dipertandingkan di International Footwear Design Competition, Guangzhou, China.

Muhammad Irfan Rahman, mahasiswa Desain Produk Industri ITSB angkatan 2013, berhasil meraih Juara Harapan 1 Lomba Desain Sepatu Tingkat Nasional kategori sepatu anak dengan tema “Birds of Indonesia” yang diselenggarakan Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) di bawah Kementerian Perindustrian Republik Indonesia pada 10 Oktober 2014. Karya tersebut di Juni 2015 ikut dipertandingkan di International Footwear Design Competition yang diselenggarakan oleh Confederation of International Footwear (CIFA) di Guangzhou, China. Keikutsertaannya diakomodasi oleh BPIPI.

 

Press release


 

PERAN SERTA DPI ITSB SEBAGAI DELEGASI DI PASAR SENI ITB 2014

 

Suasana stand ITSB di Pasar Seni ITB 2014

Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB memiliki tradisi berupa event besar empat tahunan yang diberi nama Pasar Seni ITB. Acara ini memiliki reputasi yang luar biasa yang bisa dilihat dari jumlah peserta, antusiasme pengunjung dan jumlah transaksi penjualan karya yang besar. Event ini memiliki sejarah panjang yang secara rutin sudah dilaksanakan sejak tahun 1972.

Pasar Seni ITB 2014 membuka tiga kategori peserta, yaitu Komunitas, Seniman, dan Delegasi Institusi. November 2014, Program Studi Desain Produk Industri Institut Teknologi dan Sains Bandung diundang sebagai Delegasi Institusi untuk ikut memeriahkan Pasar Seni ITB 2014. Mahasiswa ITSB berbaur dengan perwakilan mahasiswa dari 17 Institusi lainnya untuk sama-sama memeriahkan acara tersebut. Daftar delegasi dimuat di harian Pikiran Rakyat edisi Minggu, 23 November 2014.

Press release


 

KEIKUTSERTAAN MAHASISWA DPI ITSB DI PAMERAN FURNITURE IFEX 2014

Nur Syahidah Rahmah dengan karyanya di IFEX 2014

Untuk pertama kalinya, Desain Produk Industri Institut Teknologi & Sains Bandung meloloskan satu mahasiswanya untuk mengikuti pameran di Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2014 di JIExpo Kemayoran Jakarta – Indonesia pada 12 -13 Maret 2014. IFEX merupakan event pameran level intenational yang memberi kesempatan bagi desainer pemula termasuk mahasiswa di dalamnya untuk ikut memamerkan karyanya. Calon peserta yang berminat di acara tersebut harus dapat lolos proses kurasi yang ketat sesuai standar IFEX.

Mahasiswa yang berhasil lolos tersebut adalah Nur Syahidah Rahmah (131.10.012) dengan desain lemari pajangan yang diberi nama “Alice”. Lemari tesebut berbahan dasar plywood yang diolah dengan teknik bending.

Press release


 


 

PERAN SERTA MAHASISWA DPI ITSB DI DESIGN PROJECT 2014

 

Puzzle Lamp yang diikutsertakan di Design Project 2014, Bandung

Mahasiswa Desain Produk Industri Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) melalui Himpunan Mahasiswa Desain Produk Industri ITSB mengikuti pameran karya desain produk berdasarkan undangan dari Himpunan Jurusan Desain Produk Institut Teknologi Bandung (ITB). Acara tersebut diberi tajuk “Design Project 2014”. Pameran diselenggarakan di Gedung Perusahaan Negara, Jalan Braga Bandung selama 4 hari dari tanggal 9 Mei hingga 11 Mei 2014.

Kategori pameran yang diikuti adalah pengembangan desain berbasis bahan daur ulang. Mahasiswa DPI ITSB mengirimkan satu karya desain lampu duduk terbuat dari kayu bekas peti kemas yang bernama “Puzzle Lamp”. Konsep dasar desain adalah memaksimalkan bahan kayu bekas peti kemas baik yang utuh maupun sudah rusak agar tetap bisa dimanfaatkan. Desain lampu dibuat dari modul-modul kecil kayu yang dibentuk seperti balok pada permainan tetris dan disusun sedemikian rupa sehingga berbentuk kubus berongga. Sinar lampu yang memancar dari dalamnya memberi efek gambar pola seperti permainan tetris. Karya ini diulas dan dimuat fotonya di harian Pikiran Rakyat kolom Khazanah edisi Selasa 13 Mei 2014.

Press release


 


 
     


Segala hal terkait pembayaran yang ditujukan ke ITSB dilakukan melalui nomor rekening 000 455 6364 Bank Sinarmas Cabang Karawang Pindodelli  


Kampus ITSB, Kota Deltamas

Jl. Ganesha Boulevard, Lot-A1 CBD Kota Deltamas Tol Jakarta - Cikampek Km 37, Cikarang Pusat, Bekasi
Telp.   : 08881301184 (Tata Usaha), 08892668668 (Galeri ITSB)
Hotline: 082219317596
Email : registrasi@itsb.ac.id

Sekretariat ITSB di Bandung
Ruang Perkantoran Gedung Sabuga Lt.1, Bagian Selatan Blok D1 No. 39 Jl. Tamansari 73, Bandung
Telp: 08893668668
email : admin_bdg@itsb.ac.id

Peta Lokasi ITSB

ITSB Ada di Google+ 

 

 

 

 

Powered by CMSimple_XH | Template: ge-webdesign.de | test (X)html | test css | Login

Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI