www.itsb.ac.id

Sie sind hier:  HOME > MAHASISWA & ALUMNI > KEMAHASISWAAN > Mahasiswa DPI ITSB Menjadi Pengisi Acara Griya Kreasi di DAAI TV

Mahasiswa DPI ITSB Menjadi Pengisi Acara Griya Kreasi di DAAI TV


Dua mahasiswa Desain Produk Industri (DPI) tingkat akhir, Wakhid Dhinu Arifin dan Bilghis Tiara Novitasari, tengah dalam proses shooting untuk salah satu acara TV pada stasiun TV DAAI TV, yaitu acara Griya Kreasi, untuk lima episode yang akan ditayangkan pada Januari 2016. Shooting dilakukan di lokasi stasiun DAAI TV, tepatnya di daerah Pantai Indah Kapuk. Proses Shooting dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu. Konsep acara Griya Kreasi adalah memberikan inspirasi dalam mengolah barang bekas menjadi produk bernilai untuk pemirsa di rumah dengan segmen murah meriah dalam kategori produk furniture.

Pihak DAAI TV tertarik untuk melakukan kerjasama dengan mahasiswa DPI ITSB setelah mereka melihat beberapa karya salah satu mahasiswa DPI ITSB yang diunggah ke akun instagram. Tawaran kerjasama shooting ini ditindaklanjuti oleh Wakhid Dhinu Arifin dan dia mengajak salah satu temannya, Bilghis Tiara Novitasari, untuk ikut serta sebagai pengisi acara.

 

Proses shooting acara Griya Kreasi

 

Hasil karya Wakhid dan Bilghis untuk salah satu episode Griya Kreasi

 

 

 

Mahasiswa ITSB menerima Invention Award dari Taiwan Changhua International Youth Invention Exhibition Invention Contest

 

Tubagus Rahmatullah, mahasiswa jurusan Desain Produk Industri ITSB; dan Rizky Syaputra, mahasiswa jurusan Eksplorasi Tambang ITSB, berhasil meraih Silver Award untuk desain produk yang mereka kembangkan, yaitu penghapus marker white board yang terintegrasi langsung dengan markernya. Penghargaan berupa sertifikat dan medali diberikan pada 30 September 2015.

Prototipe yang dilombakan

 

Sertifikat dan medali penghargaan

 

PENGEMBANGAN DESAIN SEPEDA SOLAR CELL OLEH MAHASISWA DESAIN PRODUK INDUSTRI ITSB

Giasa Lutfiah, mahasiswa Desain Produk Industri ITSB, melakukan pengembangan sepeda solar cell melalui pendekatan desain produk industri untuk karya Tugas Akhirnya. Pengembangan sepeda solar cell memang bukan pertama kali ini dilakukan, namun muatan aspek desain produk industri yang cukup intens dalam penerapan solar cell pada sebuah sepeda merupakan hal yang masih jarang dilakukan.

Di bawah arahan dosen pembimbing yang juga sebagai Ketua Program Studi Desain Produk Industri ITSB, Ir. Oemar Handojo, M.Sn., Giasa mengolah aspek fungsi, durability, dan style pada sebuah sepeda bersumber enegi surya. Sepeda dirancang sedemikian rupa sehingga cocok digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari.

Berangkat dari konsep ramah lingkungan dengan pendekatan desain produk industri, sepeda ini dirancang tidak hanya sekedar menerapkan solar cell pada sepeda, namun juga mempertimbangkan aspek ergonomic, material, appearance, dan kelayakan produksi dari kacamata industri di mana aspek-aspek tersebut merupakan hal yang penting untuk mencapai sebuah produk yang fungsional, bagus penampilannya dan bernilai ekonomi.


Final rendering desain sepeda solar cell

Di luar beberapa catatan perbaikan desain, prototipe sepeda ini dieksekusi dengan cukup apik dan fungsional. Sepeda ini mampu mencapai kecepatan 20km/jam dan dapat menarik beban dua orang (percobaan dengan membonceng anak kecil). Tempat baterei didesain cukup baik sehingga tidak mengganggu tampilan dan berfungsi sebagai pijakan kaki.

Sepeda ini tidak menggunakan pedal dan rantai. Energi dari baterei langsung dihubungkan ke motor yang berada di as roda belakang sepeda. Sepeda didesain sedemikian rupa sehingga bilapun baterei habis, sepeda dapat tetap digunakan sebagai otopet, sebuah hal baru dalam pengembangan sepeda listrik.


Prototipe sepeda

Giasa menekankan bahwa pengembangan lanjutan desain sepeda ini selain mengarah ke eksplorasi bentuk/desain juga mengarah ke penerapan teknologi solar cell yang lebih advance sehingga desain sepeda tidak dibatasi oleh bentuk panel solar cell, namun justru panel solar cell yang harus menyesuaikan pada kebutuhan desain sepeda. (press release)

 

Video Link:



Link berita terkait:

 

Video Preview:
 

 

 

 


 
     


Segala hal terkait pembayaran yang ditujukan ke ITSB dilakukan melalui nomor rekening 000 455 6364 Bank Sinarmas Cabang Karawang Pindodelli  


Kampus ITSB, Kota Deltamas

Jl. Ganesha Boulevard, Lot-A1 CBD Kota Deltamas Tol Jakarta - Cikampek Km 37, Cikarang Pusat, Bekasi
Telp.   : 08881301184 (Tata Usaha), 08892668668 (Galeri ITSB)
Hotline: 082219317596
Email : registrasi@itsb.ac.id

Sekretariat ITSB di Bandung
Ruang Perkantoran Gedung Sabuga Lt.1, Bagian Selatan Blok D1 No. 39 Jl. Tamansari 73, Bandung
Telp: 08893668668
email : admin_bdg@itsb.ac.id

Peta Lokasi ITSB

ITSB Ada di Google+ 

 

 

 

 

Powered by CMSimple_XH | Template: ge-webdesign.de | test (X)html | test css | Login

Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI