www.itsb.ac.id

Sie sind hier:  HOME > MAHASISWA & ALUMNI > KEMAHASISWAAN > TEKNIK ARSITEKTUR

TEKNIK ARSITEKTUR

Kuliah Lapangan ke BSD City

Pada tanggal 27 Januari 2016, tiga program studi ITSB melakukan kuliah lapangan ke Sinar Mas Land Plaza, Green Office Park, Bumi Serpong Damai (BSD). Kuliah Lapangan Pengetahuan Dasar Arsitektur, Desain Interior serta Lingkungan dan Sumberdaya Alam PWK ini diikuti oleh Prodi Arsitektur (Ars), Desain Interior (DI) dan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) dengan jumlah peserta sebanyak 37 mahasiswa dan 11 dosen pendamping.

Lokasi utama kunjungan lapangan adalah Kantor Pusat Sinar Mas Land di Sinar Mas Land Plaza BSD City yang berlokasi di kompeks BSD Green Office Park. BSD Green Office Parks adalah kompleks perkantoran pertama di Indonesia yang bersertifikasi hijau Green Mark Gold Award dari Building and Construction Authority (BCA) Singapura dan Asia Pacific Property Award. Upaya ramah lingkungan yang dilakukan oleh kompleks perkantoran ini antara lain adalah penerapan arsitektur hijau tingkat lanjut (advanced green architectures) untuk mengkonservasi energi, air, dan sumber-sumber daya alam lain. Hampir semua bangunan di dalam area seluas kurang lebih 25 hektar ini memaksimalkan penetrasi cahaya matahari sambil mengurangi panasnya sehinga meningkatkan efisiensi energi dan mengoptimalkan sirkulasi udara.

Kunjungan ke Kantor Pusat Sinar Mas Land di Sinar Mas Land Plaza BSD City

Di Kantor Pusat Sinar Mas Land, bertempat di Jasmine Room Sinar Mas Land Plaza BSD City, para peserta kuliah lapangan disambut oleh Managing Director President Office Sinar Mas Land, Bapak Dhony Rahajoe. Pertemuan dilanjutkan dengan pemberian materi dari pihak Sinar Mas Land, meliputi topik-topik Residential Project oleh Ibu Elena, Pengelolaan Air Bersih oleh Ibu Ariana, serta Pengembangan Kawasan BSD, Green Building dan Project lainnya oleh Bapak Ignesjz Kemalawarta. Setelah sesi tanya jawab dan penyerahan piagam dari pihak ITSB kepada pihak Sinar Mas Land, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa lokasi khusus di area kompleks BSD Green Office Park dan sekitarnya. Dipandu oleh 4 orang staff dari Sinar Mas Land, peserta diajak mengunjungi The Breeze, Green Office Park 6, Green Office Park 9, Pasar Modern Pertama, Water Treatment Plant (WTP), De Park, Foresta Business Loft (FBL), dan Indonesia Convention Exhibition (ICE). Pada lokasi WTP peserta diberikan penjelasan lebih detil mengenai proses penyediaan dan distribusi air bersih di BSD City, serta pada lokasi ICE diberikan penjelasan lebih detil mengenai desain arsitektur dan interior bangunan konvensi dan pameran tersebut.

Pemberian Materi oleh Pihak Sinar Mas Land dan Sesi Tanya Jawab

Kunjungan ke Water Treatment Plant dan Gedung ICE

Melalui kunjungan lapangan ini diharapkan para mahasiswa mendapatkan wawasan yang lebih luas mengenai arsitektur dan desain interior bangunan, penataan kawasan, serta pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam.

 

 

 

 

Kuliah Lapangan Prodi Arsitektur di Bandung

 

Kuliah lapangan (kulap) perdana Program Studi (Prodi) Arsitektur Institut Teknologi Sains Bandung berlangsung pada pertemuan perkuliahan ke-7, Semester Ganjil (25/11/2015). Kuliah lapangan ini merupakan kolaborasi 2 mata kuliah: Studio Teknik Presentasi Arsitektur (AR-1123) dan Dasar-dasar Perancangan Arsitektur (AR-1121). Sembilan mahasiswa Prodi Arsitektur didampingi lima orang dosen mata kuliah bersangkutan serta dosen pembimbing melakukan kulap di tiga lokasi di Bandung

 

Dimulai dari kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berlokasi di Jalan Ganesha 10 Bandung, mahasiswa dibagi dalam 3 kelompok untuk membuat gambar sketsa kampus di 3 lokasi yang berbeda. Hari sketsa ini merupakan Ujian Tengah Semester bagi mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Studio Teknik Presentasi Arsitektur. Kulap di lokasi pertama ditutup dengan penjelasan mengenai konsep desain kampus ITB oleh Dr Iwan Sudradjat, dosen senior Prodi Arsitektur ITB.

Lokasi kedua yang dikunjungi, Galeri Sunaryo di Dago Pakar Bandung. Kunjungan ke galeri seni tempat perupa Sunaryo memamerkan koleksi karya seninya untuk publik ini merupakan bagian dari perkuliahan Dasar-dasar Perancangan Arsitektur.