www.itsb.ac.id

Sie sind hier:  HOME > MAHASISWA & ALUMNI > KEMAHASISWAAN > TEKNIK METALURGI & MATERIAL

TEKNIK METALURGI & MATERIAL

Kunjungan ke PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk

"Mahasiswa Teknik Metalurgi & Material ITSB"

Cilegon, Februari – Mahasiswa Teknik Metalurgi dan Material  Institut Teknologi dan Sains Bandung yang berjumlah 31 orang, melakukan kunjungan industri ke salah satu perusahaan baja terbesar di Indonesia, PT Krakatu Steel (Persero) Tbk, Kamis (21/02/2013). Pada kesempatan kali ini, rombongan di dampingi oleh dosen pendamping, Ir. Deni Rachmat, M.T., dan Tria Laksansa, S.T., M.T., berkunjung ke gedung Corporate Communication PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, dan kemudian dilanjutkan berkeliling ke berbagai pabrik produksi. Kunjungan kali ini merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Metalurgi Material (Himatama ITSB) yang didukung penuh program studi dan terkoordinasi dengan  Yayasan Institut Teknologi dan Sains Bandung.

Kegiatan merupakan bagian tak terpisahkan dari kegiatan pendidikan di dalam kelas, yang nantinya diharapkan, mahasiswa Program Studi Teknik Metalurgi dan Material dapat memahami lebih dalam konsep maupun teori yang  tervisualisasikan secara langsung ke tiap bagian pemrosesan bijih besi menjadi baja dan berbagai jenis produk turunaannya.

“Kegiatan seperti ini sepertinya harus rutin dilakukan, untuk menambah pengetahuan dan pemahaman mahasiswa, kedepan kita rencanakan untuk berkunjung ke industri lain yang berhubungan dengan Metalurgi dan Material, yakni industri keramik dan polimer” ujar Kepala Program Studi Teknik Metalurgi & Material ITSB, Dr – Eng. Akhmad A. Korda.

Beliau, mendukung kegiatan positif ini dan berharap mahasiswanya lebih dekat dengan dunia Industri Matalurgi dan Material, mengingat lokasi kampus ITSB yang dekat dengan kawasan industri di Kab. Bekasi.

 

Seminar Nasional Material & Metalurgi V

(TMM - ITSB)

 

Seminar Nasional Material dan Metalurgi V

di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya

Mahasiswa Program Studi Teknik Metalurgi dan Material Institut Teknologi dan Sains Bandung pada tanggal 5 dan 6 September 2012 turut hadir dalam Seminar Nasional Material dan Metalurgi ke 5, yaitu sebuah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Material dan Metalurgi (FKMMI) yang bekerjasama dengan jurusan Teknik Material dan Metalurgi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Acara Seminar yang bertajuk Penguasaan Teknologi Material dan Metalurgi untuk mendukung Kemandirian Industri Nasional “Inovasi Teknologi Mobil Listrik Masa Depan” dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dari sejumlah perguruan tinggi maupun praktisi dari sejumlah perusahaan baik yang mengikuti sebagai peserta pendengar maupun peserta pemakalah.

Pada acara pada hari pertama , agenda acara pertama adalah pembukaan, setelah itu peserta mendengarkan guest lecture darikeynote speech , yang pertama oleh Prof. Professor Dah-Shang Tsai dari National Taiwan University of Science and Technology dengan judul Electrochemical Capacitor of Miniature Size and The Power Loss dan yang kedua oleh Prof. Sulistijono, guru besar jurusan Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS dengan judul Peranan Pendidikan Tinggi Teknik Material dan Metalurgi dalam Mendukung Pengolahan SDA dan Industrialisasi Indonesia. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel antara peserta dengan pemakalah. Diskusi panel ini dibagi kedalam 3 kategori berdasarkan materi yang dibahas, yaitu Metalurgi dan Manufaktur, Korosi dan Kegagalan Material, dan Material Inovatif. Acara diskusi panel ini berlangsung selama 2 hari dan berakhir pada hari Kamis, 6 September 2012, yang diakhiri dengan acara penutupan.

Kunjungan ke AHM Cibitung

 

 

Kunjungan Mahasiswa Teknik Metalurgi dan Material

Institut Teknologi Sains Bandung (TMM ITSB)

Kunjungan ke PT Astra Honda Motor ini dilakukan pada tanggal 9 Mei 2011, kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu agenda kunjungan industri mahasiswa program studi Teknik Metalurgi dan Material ITSB.

Kegiatan kunjungan Industri ini sangat penting sebagai sarana bagi mahasiswa teknik metalurgi material untuk lebih memahami berbagai proses rekayasa serta pembuatan produk material, dalam hal ini logam.

Pada kunjungan ini kami dipandu oleh bapak Muhammad Arifin selaku supervisor di PT Astra Honda Motor Cibitung. Saat kunjungan ke PT Astra Honda Motor ini kami diperlihatkan proses pembuatan komponen kendaraan bermotor, yang dimulai dari melelehkan aluminium, proses pengecoran, pemeriksaan, dan proses finishing.

 



 
     


Segala hal terkait pembayaran yang ditujukan ke ITSB dilakukan melalui nomor rekening 000 455 6364 Bank Sinarmas Cabang Karawang Pindodelli  


Kampus ITSB, Kota Deltamas

Jl. Ganesha Boulevard, Lot-A1 CBD Kota Deltamas Tol Jakarta - Cikampek Km 37, Cikarang Pusat, Bekasi
Telp.   : 08881301184 (Tata Usaha), 08892668668 (Galeri ITSB)
Hotline: 082219317596
Email : registrasi@itsb.ac.id

Sekretariat ITSB di Bandung
Ruang Perkantoran Gedung Sabuga Lt.1, Bagian Selatan Blok D1 No. 39 Jl. Tamansari 73, Bandung
Telp: 08893668668
email : admin_bdg@itsb.ac.id

Peta Lokasi ITSB

ITSB Ada di Google+ 

 

 

 

 

Powered by CMSimple_XH | Template: ge-webdesign.de | test (X)html | test css | Login

Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI