Institut Teknologi Sains Bandung

ITSB Gelar Kuliah Tamu “Green Cities Concept”

Fakultas Teknik dan Desain Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) menggelar Kuliah Tamu dengan tema “Green Cities Concept”. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu, 22 November 2023 di Aula Lantai 4 Kampus ITSB.

Kuliah tamu ini menghadirkan narasumber IR Gunawan Wibisana MSP, MM.LRPS, PSA, seorang konsultan perencanaan wilayah dan kota yang telah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun. Dalam kuliahnya, Gunawan Wibisana menyampaikan bahwa konsep kota hijau (green cities) merupakan konsep perencanaan dan pembangunan kota yang mengedepankan aspek keberlanjutan lingkungan.

“Kota hijau merupakan kota yang memperhatikan aspek lingkungan dalam perencanaan dan pembangunannya,” ujar Gunawan Wibisana. “Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi sumber daya alam, mengurangi polusi, dan meningkatkan kualitas lingkungan.”

Kuliah tamu ini dihadiri oleh Wakil Rektor I ITSB, Dr. Putu Oktavia, S.T., M.A., M.E., serta mahasiswa-mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota ITSB. Dalam sambutannya, Wakil Rektor I ITSB menyambut baik kegiatan ini.

“Kuliah tamu ini merupakan kesempatan yang baik bagi mahasiswa untuk belajar langsung dari praktisi yang telah berpengalaman di bidang perencanaan wilayah dan kota,” ujar Dr. Putu Oktavia. “Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa dalam mengembangkan ilmu dan keterampilannya.”

Kuliah tamu ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang konsep kota hijau dan mendorong mahasiswa untuk berkontribusi dalam mewujudkan kota yang lebih berkelanjutan.