Institut Teknologi Sains Bandung

ITSB Jajaki Kolaborasi Riset dan Kelas Karyawan dengan PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills (APP Group)

Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) mengadakan pertemuan penting berupa penjajakan kolaborasi riset dan penjajakan kelas karyawan dengan PT. Pindo Deli, perusahaan ternama di bidang manufaktur kertas. Pertemuan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi dari ITSB, termasuk Prof. Dr. Ir. Carmadi Machbub, DEA. sebagai Rektor ITSB, Wakil Rektor II Bidang
Sumberdaya & Pengembangan Dr. M. Faisal, MM
, Wakil Rektor III Bidang
Pengembangan Usaha & Pemasaran Rendra Kuntjoro
, Dekan Fakultas Teknik dan Desain Ida Hamida, S.T., M.T. , Dekan Fakultas Vokasi Dr. Asep Yunta Darma, S.T., M.T., Kepala Prodi Teknologi Pengolahan Pulp & Kertas Ni Njoman Manik Susantini, S.T., M.T. dan Dadi Rusdiana, S.T., M.T. sebagai ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITSB.

Prof. Dr. Ir. Carmadi Machbub, DEA menyampaikan pentingnya menjalin kerja sama antara perguruan tinggi dan industri untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mendorong inovasi. “Kami sangat bersemangat untuk menjajaki kolaborasi ini dengan PT. Pindo Deli, sebuah perusahaan yang telah lama berkontribusi dalam industri kertas. Kolaborasi ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa ITSB tetapi juga untuk kemajuan industri secara keseluruhan,” ujar Rektor ITSB.

Wakil Rektor II menambahkan bahwa kolaborasi ini bukan hanya sebatas pertukaran pengetahuan, tetapi juga akan melibatkan mahasiswa dalam penelitian bersama yang dapat memberikan solusi inovatif bagi industri. “Kami ingin menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan relevan dengan kebutuhan industri. Dengan adanya kolaborasi ini, mahasiswa ITSB akan memiliki kesempatan untuk terlibat langsung dalam riset yang bermanfaat bagi PT. Pindo Deli,” kata Wakil Rektor II.

Sementara itu, Wakil Rektor III menyoroti pentingnya penjajakan kelas karyawan sebagai langkah untuk meningkatkan kualifikasi tenaga kerja. “Kelas karyawan adalah wadah yang tepat bagi para profesional yang ingin meningkatkan keterampilan mereka tanpa meninggalkan pekerjaan utama. Kami berharap kerja sama ini dapat membuka peluang baru bagi para pekerja di PT. Pindo Deli untuk mengembangkan diri melalui pendidikan tinggi di ITSB,” ucap Wakil Rektor III.

Acara ini juga dihadiri oleh para dekan dan dosen-dosen yang memiliki kompetensi di bidang terkait. Diskusi intensif dilakukan untuk merumuskan langkah-langkah konkrit dalam implementasi kolaborasi ini. Pihak PT. Pindo Deli menyambut baik inisiatif dari ITSB dan menyatakan komitmen untuk bersama-sama mencapai tujuan kolaboratif ini.

Dengan semangat kesepahaman dan komitmen dari kedua belah pihak, diharapkan kolaborasi riset dan kelas karyawan antara ITSB dan PT. Pindo Deli dapat menjadi tonggak baru dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sumber daya manusia di Indonesia.