Institut Teknologi Sains Bandung

SPWLA Weekly Discussion Forum

Cikarang – SPWLA  Weekly Discussion Forum sebagai kegiatan rutin divisi program SPWLA ITSB SC yang dilaksanakan setiap minggu secara gratis selama masa kepungurusan 2019. Program ini bertujuan untuk merealisasikan keahlian di bidang Teknik Perminyakan ITSB pada bidang PETROFISIKA dan ANALISA LOG SUMUR. Diskusi  yang dilaksanakan bersifat umum dan mengarah kepada fundamental, sehingga dapat diikuti oleh semua tingkatan mahasiswa/i Teknik Perminyakan ITSB.Rangkaian kegiatan rutin ini tidak hanya sebagai wadah mahasiswa/i Teknik Perminyakan ITSB dalam menambah pengetahuan dan wawasan di bidang perminyakan melainkan juga untuk melatih pribadi mahasiswa untuk dapat mengungkapkan pendapat melalui forum diskusi yang dilaksanakan.

Kegiatan ini juga di bina langsung oleh Wakil Rektor ITSB bidang Sumber Daya dan Organisasi, Prof. Ir. Pudji Permadi M.Sc., Ph.D. Dalam hal ini beliau juga terlibat sebagai pemateri tentang Fundamental Petrofisika dan Analisa Log Sumur. Dikutip dari pernyataan beliau tentang perbedaan Petrophysicist dengan Well Log Analyst disaat membuka SPWLA Weekly Discussion Forum, beliau mengatakan bahwa “ Seorang Petrophysicist belum tentu bisa menganalisa data log sumur namun seorang well log analyst dipastikan kompeten dalam bidang petrofisik”. Oleh sebab itu sebagai mahasiswa perminyakan diharapkan kompeten di kedua bidang tersebut karena kedua hal itu merupakan satu kesatuan dalam pengaplikasian evaluasi formasi suatu sumur migas.

SPWLA Weekly Discussion Forum dihadiri oleh mahasiswa/i aktif Teknik Perminyakan ITSB dari angkatan 2016 sampai angkatan 2019 sehingga diharapkan peserta dapat memahami tentang fundamental Petrofisika dan Analisa Log Sumur agar dapat diimplementasikan pada perkuliahan ataupun sebagai modal dalam dunia kerja di masa yang akan datang.

Presiden SPWLA ITSB SC, Catur Kristiawan berharap forum diskusi ini menjadi suatu bentuk dedikasi nyata SPWLA ITSB SC khususnya dalam mengembangkan kemampuan dalam hal keilmuan dan keteknikan di bidang pertofisika dan analisis log sumur. Selain itu juga forum ini diharapkan menjadi wadah SPWLA ITSB SC untuk merealisasikan misinya yaitu memfamiliarkan keilmuan petrofisika dan analisa log sumur di kampus ITSB.

 

Editor : Farhan Farid Asyrofi dan Mohamad Irgi