www.itsb.ac.id

Sie sind hier:  HOME > MAHASISWA & ALUMNI > KEMAHASISWAAN > TM - Oil Expo 2017:  Plan of Development Competition

TM - Oil Expo 2017:  Plan of Development Competition

 

Teknik Perminyakan ITSB kembali meraih prestasi yang membanggakan pada salah satu event perminyakan terbesar di Indonesia yaitu Oil Expo 2017 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan Fakultas Teknik Kebumian dan Energi Universitas Trisakti. Oil Expo 2017 mengadakan serangkaian acara seperti seminar nasional dan beberapa kompetisi, yaitu Plant of Development, Smart Competition, Debate Competition, Study Case Competition dan Oil Rig Design. Tim ITSB mengirimkan delegasi untuk Plant of Development dimana bersaing dengan tim lainnya dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Islam Riau, Universitas padjajaran, Universitas Diponegoro dan Universitas Trisakti.

Oil Expo diadakan di gedung Fakultas Teknik Kebumian dan Energi Universitas Trisakti pada tanggal 17-18 Mei 2017, diawali dengan sesi Technical Meeting kemudian di lanjutkan pada keesokan harinya sesi presentasi Plant of Development dan diakhri oleh sesi gala diner di Hotel Swiss-bell Jakarta pusat.

Tim ITSB berhasil meraih juara ke-2 dari 2 peringkat yang diperebutkan pada ajang bergengsi Oil Expo 2017: Plan of Development Competiton yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Trisakti dengan bekerja sama dengan Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia Seksi Mahasiswa (IATMI SM) Trisakti dan Society of Petroleum Engineers Students Chapter (SPE SC) Trisakti.

Tim ITSB tersebut terdiri dari Malik Awab (Teknik Perminyakan 2014), M. Shindu Arya Lasmono (Teknik Perminyakan 2014), Andoro Hendi Utomo (Teknik Perminyakan 2014), Gabrella Valentina Hazhia (Teknik Perminyakan 2014), Raden Mas Fauzan Al-Basit (Teknik Perminyakan 2014) dan Wakhid Kusumawardhana (Teknik Perminyakan 2015). Ajang tahunan yang mengangkat tema Passion, Purpose, and Value ini menuntut peserta lomba untuk memberikan ide yang efektif untuk menghadapi krisis energi yang tidak hanya dialami Indonesia, tetapi juga dunia.

 

Fieldtrip PT. Pertamina Region Jawa, Tambun Bekasi

 

Pada tanggal 23 Februari 2017 mahasiswa Teknik Peminyakan ITSB melakukan kegiatan fieldtrip ke PT. Pertamina Region Jawa, Tambun Bekasi. Kegiaatan ini merupakan pengenalan dan pendalaman materi akademis. Dalam kegiatan ini mahasiswa Teknik Perminyakan ITSB dapat meninjau secara langsung keadaan di lapangan serta mengetahui proses produksi migas yang berlangsung pada Stasiun Pengumpul Utama Field Tambun.


Lokasi fieldtrip ini dipilih karena fasilitas pengolahan produksi yang tersedia tergolong lengkap serta tidak terlalu jauh dari kampus ITSB. Tujuan dari fieldtrip ini adalah sebagai penunjang bagi mahasiswa dalam memahami dan mempelajari materi kuliah secara langsung serta untuk mengetahui bagaimana proses produksi migas yang berlangsung pada stasiun pengumpul utama field Tambun. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa teknik perminyakan angkatan 2014 dapat mempelajari lebih jauh tentang kegiatan usaha dalam industri migas secara nyata di lapangan.

Terpilihnya Makalah (Paper) dari Teknik Perminyakan ITSB dalam Technical Session & E-Poster di IPTC 2016 Bangkok

International Petroleum Technology Conference (IPTC) merupakan salah satu konferensi terbesar di dunia internasional yang mencakup disiplin ilmu dalam industri perminyakan dari hulu hingga ke hilir. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari asosiasi-asosiasi keprofesian ternama di dunia professional perminyakan, yaitu the American Association of Petroleum Geologists (AAPG), the European Association of Geoscientists and Engineers (EAGE), the Society of Exploration Geophysicists (SEG), and the Society of Petroleum Engineers (SPE).

IPTC tahun 2016 ini telah dilaksanakan di Kota Bangkok, Thailand pada tanggal 14-16 November 2016 di Bangkok Convention Centre, Central World. Tema yang diambil pada tahun ini adalah “Innovation and Efficiency Excellence for our Energy Future”. Salah satu dosen muda Teknik Perminyakan ITSB atas nama Muhammad Nur Ali Akbar dengan hasil penelitiannya berhasil lolos untuk pertama kalinya mewakili teknik perminyakan ITSB di konferensi IPTC ini. Judul penelitian “Estimation of Fluid-Fluid Contact and the Transition Zone: A Case Study of Low Contrast Resistivity Zone” ini dipresentasikan pada technical session dan E-Poster pada kegiatan tersebut, lebih spesifiknya pada formation evaluation session. Saat ini makalah ilmiah tersebut sudah terpublikasi secara online di website www.onepetro.org dengan kode IPTC-18807-MS atau dapat diunduh pada alamat berikut (https://www.onepetro.org/conference-paper/IPTC-18807-MS).

Dalam makalah ini menyajikan tentang sebuah metode dan langkah praktis dalam menentukan batas kontak antara minyak dan air secara akurat dimana data yang tersedia sangat terbatas dan juga sangat sulit diidentifikasi secara konventional dengan menggunakan data well log. Metode yang di paparkan ini menggunakan kolaborasi pendekatan dari konsep saturation-height function dan konsep pore-geometry structure (PGS) rock typing dengan didukung data log dan analisa batuan inti (core) baik routine core maupun special core analysis (SCAL). Dengan memahami kelakuan batuan reservoir melalui data yang tersedia, suatu langkah dan pendekatan baru tercipta untuk menentukan batas kontak minyak-air dan zona transisi dimana kedua hal ini sangat krusial dalam menentukan jumlah cadangan minyak yang akan dikembangkan. Sebagai informasi tambahan, penelitian ini dilakukan oleh Muhammad Nur Ali Akbar bersama Prof. Pudji Permadi (Kaprodi Teknik Perminyakan ITSB) dalam waktu sekitar 6 (enam) bulan lamanya.

 

 

 

 

 

Dosen Muda ITSB Terpilih Menjadi Pemateri dalam Event SPWLA Internasional Conference di Bangkok

Program Studi Teknik Perminyakan, Institut Teknologi dan Sains Bandung (TM-ITSB) melalui dosen mudanya yaitu Muhammad Nur Ali Akbar terpilih menjadi salah satu pemateri (presenter) dalam konferensi internasional dari Society of Petrophysicists and Well Log Analysts (SPWLA) International dan juga menjadi satu-satunya perwakilan perguruan tinggi Indonesia yang lolos dalam konferensi ini. Acara ini dilaksanakan di Bangkok Thailand pada tanggal 29-31 Agustus 2016 lalu.


Acara ini merupakan suatu kegiatan rutin dari SPWLA Internasional yang terbuka bagi akademisi pendidikan tinggi dan juga professional dari industri yang berkaitan dengan industri perminyakan di dunia. Acara ini difokuskan sebagai ajang memperkenalkan dan menampilakan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, teknologi terbaru, sharing pengalaman dan pengetahuan baru terkait dengan dunia petrofisika dan well logging.


Dalam konferensi ini, hasil penelitian yang berjudul “The Effects of Internal Pore Structure on Acoustic Velocity: Well Logs Interpretation in a Carbonate Reservoir” terpilih untuk dipresentasikan di depan para akademisi maupun profesional dari industri migas dalam technical session forum dan direspon sangat baik oleh para reviewer dan peserta event. Peserta yang terpilih dalam konferensi ini terdiri atas 50 judul terbaik yang berasal dari ahli petrofisika dan well log analysts di seluruh dunia.


Presentasi penelitian ini menyajikan suatu fenomena unik yang ditemukan antara compressional velocity terhadap struktur internal dari suatu batuan reservoir yang dalam hal ini adalah batuan karbonat yang merupakan batuan yang memiliki karakter sangat kompleks dan sangat menantang dalam memahami kelakuan nya. Melalui pemahaman terhadap pengaruh kecepatan suara terhadap struktur internal batuan, maka diperolehlah suatu pendekatan baru untuk menentukan matrix velocity dalam kondisi tekanan dan temperatur di reservoir. Disamping itu, pendekatan ini juga dapat digunakan untuk memprediksi traveling time wave velocity (sonic log) apabila tidak tersedianya data sonic log apabila data porositas dan permeabilitas ditentukan sebelumnya.


Terkait dengan penelitian ini, diperlukan waktu sekitar 5 bulan untuk menyelesaikan semua proses penelitian ini. Penelitian ini dilakukan bersama dengan salah satu alumni TM-ITSB, Falza Izza Wihdany yang saat ini sedang berkuliah di Program Magister Teknik Perminyakan ITB dan juga penelitian ini didukung oleh Prof. Pudji Permadi selaku Kepala Program Studi TM-ITSB.

 

 

 

 

Seminar Nasional Petroleum Day II

Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan ITSB dan IATMI SM ITSB menghadiri undangan acara Petroleum Day II yang digagas oleh Universitas Papua. Pada kesempatan ini, Teknik Perminyakan ITSB mengirimkan dua perwakilan yaitu Ketua IATMI SM-ITSB (Kania Dewi Ekawati) dan Kepala Departemen Kesekretariatan IATMI SM-ITSB (Supianudin).

 

 

Acara Petroleum Day II ini merupakan acara pengukuhan IATMI SM-UNIPA yang dikemas dalam bentuk seminar nasional yang dilaksanakan selama  dua hari pada tanggal 20-21 Juni 2016 di Aston Niu Hotel & Conference, Manokwari, Papua Barat. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Papua Barat yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial Provinsi Papua Barat yaitu Bapak Nataniel D. Mandacan, Kepala SKK Migas yang diwakili oleh Wakil Kepala SKK Migas Bapak Muhammad Zikrullah, Perwakilan Kepala SKK Migas Papua dan Maluku (PAMALU) Bapak Enrico C. P., Ketua Umum dan Sekjen IATMI Bapak Alfi Rusin dan Bapak Yudhi Herlambang. Pengurus IATMI Pusat, Praktisi (Dosen) dan Professional, KKKS daerah Papua dan SM IATMI Se Indonesia.
Seminar Nasional Petroleum Day II ini mengangkat tema “Konsep Ideal Pengelolaan Migas di Papua dan Papua Barat Dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Guna Menunjang Ketahanan Energi Nasiona.” Presentasi yang dibawakan oleh para professional dan praktisi di industri migas mencakup gambaran migas nasional, potensi migas di daerah Papua dan Papua Barat, peran organisasi IATMI untuk memajukan industri migas nasional, dan aplikasi teknologi yang dapat diimplementasikan dalam meningkatkan produksi migas di Papua dan Papua Barat.

 

 

Dengan adanya acara seminar nasional dan pengukuhan IATMI SM-UNIPA ini diharapkan dapat menjadi satu langkah yang baik untuk memajukan sumber daya manusia  dan industri migas di Indonesia bagian timur.

IATMIX SM IATMI ITSB

Pada hari Selasa, 31 Mei 2016, telah dilaksanakan rangkaian acara ‘IATMIX’ yang diselenggarakan oleh SM IATMI ITSB pada pukul 15.00-22.00 WIB bertempat di Kampus ITSB Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Jawa Barat. Acara tersebut merupakaan acara gathering internal member SM ITSB yang terdiri dua sesi acara yaitu ‘IATMIX Competition’ yang terdiri atas Kompetisi Mini Essay, Kompetisi Fotografi, Kompetisi Quote dan Mini Games kemudian acara dilanjutkan dengan ‘IATMIX Awarding Night’ dimana terdapat acara Gathering dan sharing session dengan narasumber dari Pengurus IATMI Pusat serta pembagian hadiah, reward bagi member & doorprize.

 

 

Pada kesempatan kali ini perwakilan dari IATMI Pusat Dedi Maryono dan Fahrezi Oktaviandi dari Divisi Kaderisasi dan Student Chapter berkesempatan untuk menjadi perwakilan dalam acara sharing session dengan tema 'How I See Oil & Gas Industry in The Future' dan 'How to Build networking in Oil & Gas Industry’.

Petroforia 2016: Paper Competition

Mahasiswa Teknik Perminyakan ITSB, Merandy Palabiran (TM 2012) berhasil mengharumkan nama ITSB dengan meraih juara kedua pada lomba Paper Competition pada event Petroforia 2016 yang berlangsung pada tanggal 5-9 Mei 2016 di kampus STT Migas Balikpapan, Kalimantan Timur.


Petroforia merupakan event tahunan dari  IATMI STT Migas Balikpapan yang terdiri dari seminar, kompetisi, dan kegiatan peduli lingkungan. Petroforia 2016 membuka kompetisi bagi seluruh seksi mahasiswa IATMI se-Indonesia. Kompetisi yang diadakan diantaranya adalah  Paper Competition, Petrosmart, Debat Mahasiswa, Offshore Rig Design Competition, dan Student Exhibition.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peserta yang mengikuti Paper Competition ini sendiri terdiri dari beberapa kampus nasional dan tuan rumah yang telah mengalami seleksi abstrak terlebih dahulu. Para peserta yang lolos dapat mempresentasikan hasil penelitiannya kepada dewan juri pada tanggal 7 Mei 2016. Rangkaian acara yang diselenggarakan di kota Balikpapan selama 5 hari ini bertempat di kampus STT Migas Balikpapan dengan acara puncaknya di BSCC Dome Balikpapan.

FIELD TRIP TO PT. PERTAMINA ASSET 3 TAMBUN FIELD

 

Tanggal 30 Maret 2016, Teknik Perminyakan ITSB Angkatan 2013 melaksanakan Field Trip ke PT Pertamina EP Tambun Field. Sebagai mahasiswa kita menyadari bahwa pembelajaran dalam kelas itu tidak cukup. Didalam kelas kita hanya mempelajari teori dari Teknik Perminyakan. Field Trip ini diadakan agar mahasiswa memahami pengaplikasian teori dalam industri minyak dan gas.

 

 

PT Pertamina EP Tambun Field adalah merupakan asset ke tiga dari PT Pertamina EP Indonesia. Dalam Asset 3 Tambun Field terdapat 65 sumur, 46 sumur produksi, 13 sumur injeksi, dan 6 dry holes. Pada Field Trip ini kita melihat pipeline system, kemudian mengunjungi wilayah condesat plan, water injection plan, dan terakhir kita mengunjungi beberapa sumur.

 

 

Ketika kita melihat sekitar pipeline system kita dijelaskan mengenai aliran fluida dari sumur ke storage. Lalu, kunjungan kita dilanjutkan ke bagian separator system, pada bagian ini kita mendapatkan penjelasan tentang perbedaan kegunaan separator medium pressure dan low pressure. Proses selanjutnya yaitu ke bagian FWKO (Free Water Knock Out), Pig launcher, Oil tank, dan terakhir ke condesat plant.

 

 

Itulah akhir dari aktivitas Field Trip yang telah Mahasiswa Teknik Perminyakan ITSB Angkatan 13 (Petrokipluk) lakukan. Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Pertamina EP Asset 3 Tambun Field atas terlaksananya Field Trip ini.

 

Foto Kegiatan :

 

 

 

 

Join to OGIP 2013

 

Oil and Gas Intellectual Parade (OGIP) 2013 merupakan event tahunan yang dilaksanakan oleh himpunan mahasiswa teknik perminyakan UPN "veteran"  Yogyakarta dan SPE  UPN Student Chapter sebagai ajang kompetisi antar mahasiswa dan pengembangan ilmu pengetahuan melalui seminar dan diskusi panel mengenai ilmu yang berhubungan dengan industri perminyakan.
Peserta yang berpartisipasi pada acara tersebut berasal dari universitas di 3 negara, diantaranya Indonesia, Malaysia, dan Filipina.
Adapun pada event kali ini, Jurusan Teknik Perminyakan ITSB ikut andil berpartisipasi  dalam ajang kompetisi, diskusi panel, maupun seminar nasional.


Adapun untuk kompetisi yang di ikuti oleh para mahasiswa ITSB yaitu :


1. Plan Of Development (POD) competition, dengan mengirimkan 1 team (5 orang) yaitu :
- Muhammad Nur Ali Akbar (ketua tim)
- Mochammad Irkham Islamy
- Imam Zulkipli
- Rizky Dermawan Haq
- Falza Izza Widhany

2. Smart Student Competition , dengan mengirimkan 2 team, yaitu
"Tim 1"
- Harry Ramadhan
- Cecillia Nandya
- Rini Andriani

"Tim 2"
-Rizky Mubarok
- Khalify Awaludin
- Satria Handayani

Dari kedua kompetisi berikut , Tim POD ITSB berhasil mengumpulkan 5 medali perunggu (juara 3). Dengan peringkat pertama adalah dari tuan rumah Teknik Perminyakan UPN "veteran" Yogyakarta, dan Runner-up dari Teknik Perminyakan ITB.

Keberhasilan tim POD kali ini merupakan trophy yang kedua yang berhasil disabet dalam ajang kompetisi POD nasional, yang sebelumnya dilaksanakan pada symposium dan kongress nasional IATMI di jakarta.

Kunjungan ke OGIP Jogja - 2012

 

Mahasiswa Teknik Perminyakan ITSB

Mahasiswa Teknik Perminyakan Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) melakukan kunjungan pada acara Oil and Gas Intellectual Parade - "a movement for a million changes" pada tanggal 25 Februari 2012. Acara ini dihadiri oleh beberapa perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta lainnya seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), UPN Yogyakarta, Akamigas Balongan, STT Migas Balikpapan dll.

Dalam kesempatan ini mahasiswa juga mengikuti seminar yang bertemakan "Sustainable Energy for Sustainable Future" dengan narasumber dari berbagai bidang seperti perwakilan dari Staf Ahli Menteri ESDM, Ketua Dewan Pakar Komunitas Migas Indonesia, Presiden Direktor Pertamina EP dan Presiden Direktur PT. Chevron Pacific Indonesia)

Dalam seminar tersebut mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan diskusi panel dan talkshow. Materi yang dibahas dalam seminar ini antara lain:

  1. Ketahanan dan kemandirian energi
  2. Tantangan pengembangan sektor SDM
  3. Kondisi energi saat ini (nasional), dll

 POD Competition (Plant of Development) 2012

"Mahasiswa Teknik Perminyakan ITSB Saat Mengikuti Perlombaan POD"

Mahasiswa program studi Teknik Perminyakan (TM) dari beberapa angkatan  mengikuti perlombaan dengan tema POD (Plan of Development) yang diadakan pada tanggal 26-28 April 2012 di Jakarta.

POD merupakan perlombaan penyusunan suatu proposal yang di dalamnya mengandung tema seperti geologi, geophysic,reservoir, production dan economic.

Beberapa perguruan tinggi lain selain ITSB dalam perlombaan ini yaitu Trisakti, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran (Unpad).

Mahasiswa ITSB dalam kesempatan ini diwakili oleh Rizqi Mubarok (angk. 2009), Harry Ramadhan (ang. 2010), Muhammad N.A. Akbar (ang. 2010), Irkham (ang. 2010), dan Rini (ang. 2009).


 
     


Segala hal terkait pembayaran yang ditujukan ke ITSB dilakukan melalui nomor rekening 000 455 6364 Bank Sinarmas Cabang Karawang Pindodelli  


Kampus ITSB, Kota Deltamas

Jl. Ganesha Boulevard, Lot-A1 CBD Kota Deltamas Tol Jakarta - Cikampek Km 37, Cikarang Pusat, Bekasi
Telp.   : 08881301184 (Tata Usaha), 08892668668 (Galeri ITSB)
Hotline: 082219317596
Email : registrasi@itsb.ac.id

Sekretariat ITSB di Bandung
Ruang Perkantoran Gedung Sabuga Lt.1, Bagian Selatan Blok D1 No. 39 Jl. Tamansari 73, Bandung
Telp: 08893668668
email : admin_bdg@itsb.ac.id

Peta Lokasi ITSB

ITSB Ada di Google+ 

 

 

 

 

Powered by CMSimple_XH | Template: ge-webdesign.de | test (X)html | test css | Login

Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI